Klasifikasi E-commerce Berdasarkan Digitalisasi
1. E-commerce tradisional
Pada kategori ini produk atau jasanya bersifat fisik, terlihat wujudnya. Kemudian proses transaksi dan pengirimannya juga terjadi secara fisik yang melibatkan seorang kurir.
2. E-commerce murni
Produk dan jasanya bersifal digital, tak tampak wujudnya secara fisik. Kemudian proses transaksi dan pembayarannya juga berlangsung secara digital. Contohnya layanan update perangkat lunak Microsoft dan aplikasi file sharing Napster.
3. E-commerce parsial
Contohnya di situs penjualan buku Amazon di mana produk dan cara pengantarannya bersifat fisik namun proses transakasi dan pembayarannya dilakukan secara digital.
Di era informasi sekarang ini, e-commerce telah manjadi tool yang powerful dalam pertumbuhan ekonomi. Namun e-commerce tidak dapat berjalan sendiri sebagai penggerak kekuatan ekonomi. Perlu dukungan dari pihak berwenang untuk melibatkan masyarakat khususnya yang belum tersentuh teknologi internet agar dapat berperan dalam e-commerce.
Sumber : http://ardhiblog.wordpress.com/2009/09/07/e-commerce-5/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar